Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

Apel adalah buah yang digemari di seluruh dunia. Warna buahnya yang cantik dan rasanya yang manis menyegarkan membuat apel memiliki daya tarik kuat untuk siapapun. Selain nikmat dikonsumsi langsung ataupun digunakan sebagai bahan masakan di dunia kuliner, apel ternyata juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah informasi tentang manfaat buah apel untuk kesehatan.

Manfaat buah apel untuk kesehatan adalah sebagai berikut:
  1. Apel mengandung flavonoid , polifenol, dan vitamin C yang berguna sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus serta mencegah penuaan dini.
  2. Kandungan beta karoten dapat melawan sel kanker, menurunkan kolesterol, dan baik untuk kesehatan mata agar terhindar dari katarak. 
  3. Para ilmuwan dari American Association for Cancer Research menyatakan bahwa konsumsi flavonoid dapat menurunkan risiko penyakit kanker pankreas sebesar 23%. Selain itu menurut peneliti dari Cornell University, konsumsi apel dengan kulitnya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, karena kulit apel mengandung senyawa bernama triterpenoid.
  4. Apel adalah buah kaya serat larut yang fungsinya bersaing dengan lemak dalam usus. Apel membantu menyerap kadar kolesterol baik di dalam tubuh.
  5. Apel sangat berguna untuk melancarkan pencernaan dikarenakan kandungan seratnya yang tinggi.
  6. Kandungan asetilkolin dalam buah apel dapat meningkatkan daya ingat sehingga daya pikir meningkat serta menghindarkan otak dari penyakit Alzheimer.
  7. Dapat melindungi gigi agar tidak keropos, menurunkan tingkat bakteri dalam mulut, dan penyakit gigi lainnya. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan memakan buah apel secara langsung. Dengan mengunyahnya maka dapat meningkatkan produksi air liur di dalam mulut.
  8. Untuk membantu mengurangi gejala asma dan mengobati secara perlahan, apel sangat membantu. Apel memiliki kandungan fitokimia dan polifenol yang membantu mengobati asma.
Itulah informasi tentang beberapa manfaat buah apel untuk kesehatan. Terbukti bahwa apel tidak hanya menarik tampilannya, enak rasanya, dan menyegarkan saja tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. 

Subscribe to receive free email updates: