Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan

Durian. Buah yang satu ini selalu diserbu para penggemarnya saat musimnya tiba. Dalam referensi barat, durian dideskripsikan dengan kata-kata smells like hell but tastes like heaven, yang artinya baunya seperti neraka tapi rasanya seperti surga. Sedangkan di Indonesia durian dijuluki sebagai rajanya buah karena rasa nikmatnya yang tak tertandingi. Ternyata durian tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi tapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat buah durian bagi kesehatan? Mari simak penjelasan berikut.

Buah durian memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya, seperti vitamin B, vitamin C, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng, thiamin, riblofavin, omega 3 dan 6. Durian juga banyak mengandung phytonurient, polyphenol, phytosterol, antioksidan, organosulfur, dan tryptophan. Disamping itu juga zat gizi umum seperti karbohidrat, lemak tak jenuh dan protein. Dengan kandungan nutrisi itulah manfaat buah durian bagi kesehatan pun bermacam-macam. Diantaranya sebagai berikut:
  1. Mencegah anemia, Kandungan folat dan zat besi dalam buah durian mampu merangsang produksi hemoglobin dalam darah untuk mengatasi anemia.
  2. Mengurangi resiko stroke dan memperbaiki sistem syaraf, Penelitian di The New England Journal of Medicine membuktikan bahwa memasukkan durian sebagai bagian dalam menu harian dapat membantu mengurangi resiko stroke hingga 40%. Buah durian juga mengandung vitamin B yang berguna untuk menjaga fungsi sistem syaraf.
  3. Mengontrol keseimbangan gula darah, Kandungan mangan dalam durian sangat membantu menyeimbangkan gula darah.
  4. Membantu mengobati depresi, Kandungan vitamin B6 dalam durian dapat memproduksi serotin yang membantu penderita depresi menjadi lebih rilek suasana hatinya.  
  5. Memperkuat tulang dan gigi, Kadar kalsium yang tinggi, vitamin B1, dan vitamin B2 dalam durian dapat membantu memperkuat dan menjaga kesehatan tulang dan gigi.


Manfaat buah durian bagi kesehatan sangat beragam. Terbukti bahwa buah durian tidak hanya enak dan menyehatkan tetapi juga sangat membantu untuk menjaga mood. Tidak salah jika banyak orang menyukai si raja buah ini.

Subscribe to receive free email updates: