5 Manfaat Kulit Manggis Yang Perlu Anda Ketahui



Siapa yang tidak mengenal akan buah yang satu ini, buah manggis memiliki ciri yang sangat mencolok yaitu buah berwarna ungu kecoklatan dan berbentuk bulat. Buah yang memiliki nama latin garcinia mangostana ini termasuk buah yang banyak digemari di indonesia. Buah yang juga memiliki sebutan sebagai ratu buah atau queen fruit ini memiliki daging berwarna putih cerah dan bearasa segar. Daging buah manggis yang berasa manis dan segar ini memiliki banyak sekali kandungan air. Manfaat kulit manggis maupun buahnya memiliki kandungan zat yang baik dan mudah diterima oleh tubuh. Kandungan dari buah manggis yang sangat banyak malah terdapat pada kulitnya. Kulit manggis memiliki khasiat yang sangat beragam, berikut ini beberapa kandungan buah maupun kulit manggis yang bisa anda manfaatkan untuk kesehatan.


Buah manggis rendah kalori
Buah manggis yang berasa manis juga merupakan buah yang rendah kalori. Bagi orang yang sedang berdiet buah manggis sangatlah baik untuk dikonsumsi. Buah manggis tidak mengandung lemak jenus serta kolesterol. Bahkan kulit manggis mengandung banyak serat yang bisa mencukupi kebutuhan serat tubuh.

Kaya akan vitamin c
Rasa yang manis serta segar dari buah manggis ini ternyata banyak mengandung vitamin c yang baik bagi kulit. Vitamin c yang juga berperan sebagai anti oksidan ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga anda dapat terhindar dari penyakit seperti flu, batuk yang biasa mudah menyerang tubuh.
Itu tadi merupakan beberapa manfaat buah manggis yang berasa manis dan segar, berikut ini adalah beberapa manfaat kulit manggis yang juga bisa anda manfaatkan untuk kesehatan.

Obat diare
Kulit buah manggis dapat digunakan untuk mengobati diare yang disebabkan karena kuman jahat dalam perut. Cara menggunakannya pun terbilang mudah anda hanya perlu merebus kulit manggis tadi hingga air mendidih kemudian saring air rebusan kulit manggis. Air rebusan tersebut bisa menjadi obat diare, sariawan, hingga disentri.

Obat sariawan
Kulit buah manggis juga mengandung vitamin c yang baik untuk menyembuhkan sariawan. Cara menggunakan kulit manggis untuk obat sariawan pun mudah, anda hanya perlu merebus kulit buah manggis tadi dengan beberapa mili liter air, kemudian saring air rebusan tadi dan minum 2-3 kali dalam sehari.

Peremajaan kulit
Manfaat Kulit manggis sangatlah banyak dan mengandung anti oksidan ternyata juga sangat baik digunakan untuk peremajaan kulit. Anti oksidan yang dihasilkan dari kulit manggis mampu mencegah penuaan dini dan meregenerasi sel kulit mati. 

Itulah tadi beberapa manfaat dan khasiat dari buah maupun kulit manggis. Buah yang biasanya hanya dimakan dagingnya saja ternyata memiliki kulit yang juga bisa di manfaatkan untuk kesehatan.

Subscribe to receive free email updates: