Manfaat Buah Mengkudu bagi Kesehatan

Banyak orang tidak menyukai buah mengkudu karena aromanya yang tidak sedap. Tapi kandungan nutrisi di dalam buah mengkudu sangat tinggi dan baik untuk menjaga kondisi tubuh untuk terhindar dari berbagai penyakit. Terdapat bermacam-macam manfaat buah mengkudu bagi kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Mencegah kanker, Di dalam buah mengkudu terdapat zat-zat yang berguna untuk mencegah kanker, khususnya kanker serviks dan kanker payudara.
  • Mencegah pengeroposan tulang, Kandungan metil asetil, morindone, dan asam kapril dalam buah mengkudu dapat memperkuat tulang.
  • Mencegah peradangan dan alergi, Senyawa scolopetin dalam mengkudu dapat mengatasi peradangan dan alergi dalm tubuh.
  • Sumber antioksidan bagi tubuh, Kandungan nutrisi berupa protein, vitamin, dan mineral yang cukup di dalam mengkudu menghasilkan selenium. Selenium adalah salah satu jenis antioksidan yang baik untuk kesehatan.
  • Anti bakteri, Terpenoid dalam buah mengkudu dapat membunuh berbagai macam bakteri yang dapat menyebabkan infeksi, seperti diantaranya Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Zat anti bakteri tersebut juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan) seperti Salmonella montivideo,S. scotmuelleri, S. typhi, dan Shigella dusenteriae, S. flexnerii,S.  pradysenteriae, serta Staphylococcus aureus.
  • Meredakan nyeri haid pada wanita, Bagi anda para wanita, mengkudu juga dapat membantu meredakan rasa nyeri saat anda sedang dalam keadaan haid. Mengkudu juga dapat membantu meminimalisir perubahan hormon sehingga dapat membantu mengendalikan mood yang berubah-ubah serta mengurangi rasa  sensitif.
Itulah beberapa manfaat buah mengkudu bagi kesehatan. Tidak disangka, ternyata buah unik yang bahkan tidak banyak digemari masyarakat ini memiliki berbagai kandungan gizi yang kaya serta sangat membantu menjaga kesehatan. Semoga artikel tentang manfaat buah mengkudu bagi kesehatan ini dapat berguna untuk anda.

Subscribe to receive free email updates: