Manfaat Buah Pisang untuk Anak

Buah pisang, buah yang mudah ditemui di manapun dan disukai banyak orang karena tekstur lembut dan rasa manisnya. Terlebih buah pisang adalah buah yang paling mudah dicerna karena tidak menambah kerja sistem pencernaan. Selain kandungan gizinya yang baik untuk kesehatan, buah pisang juga memiliki banyak manfaat tidak hanya untuk orang dewasa tapi juga anak – anak. Apa saja manfaat buah pisang untuk anak? Mari simak penjelasan berikut!

Berbagai Manfaat Buah Pisang untuk Anak

Ada berbagai macam manfaat buah pisang untuk anak, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Kandungan potasium yang tinggi di dalam buah pisang dapat menjadi sumber energi bagi anak saat mereka melakukan berbagai aktivitas. Potasium di dalam buah pisang dapat membantu otot berkontraksi dengan baik dan mengurangi masalah kram saat anak sedang berolahraga.
  2. Penelitian yang dilakukan Twickenham Prepatory School, Inggris, kepada 200 siswa menunjukkan bahwa buah pisang membantu menjaga kinerja otak dan meningkatkan memori saat siswa mengerjakan soal ujian. Sebelumnya mereka diberikan buah pisang sebagai menu tambahan saat sarapan, jam istirahat, dan makan siang. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan kalium yang tinggi dalam buah pisang.
  3. Buah pisang juga dapat membantu menyembuhkan tukak lambung dan sembelit pada anak. Kandungan latek dalam buah pisang membantu sistem pencernaan anak berfungsi dengan baik.
  4. Buah pisang juga mengandung zat besi yang berguna untuk merangsang pertumbuhan sel darah merah sehingga sangat cocok untuk anak yang mengalami anemia.
  5. Kandungan vitamin B6 yang tinggi dalam buah pisang berperan penting mengubah asam amino triptofan menjadi serotonin. Kandungan zat tersebutlah yang membuat buah pisang juga dapat membantu untuk menenangkan otak dan menstabilkan mood anak.

Manfaat Buah Pisang untuk Anak Kecil


Sudah yakin untuk memberi si kecil buah pisang sebagai menu pelengkap yang baik untuk menunjang tumbuh kembang mereka bukan? Mulailah dari sekarang untuk melengkapi kebutuhan gizi anak dengan buah pisang. Manfaat buah pisang untuk anak akan membantu anda membuat si kecil sehat dan penuh energi setiap harinya  karena dilengkapi pula dengan berbagai kandungan gizi di dalamnya.

Subscribe to receive free email updates: